10 Contoh Cerpen



1 Ikan Bodoh
Di kolam yang sangat besar, tinggal banyak ikan. Mereka sombong dan tidak pernah mendengarkan siapapun. Di kolam ini, di sana juga ada seekor buaya yang baik hati.

Dia menasehati ikan itu, "Tidak perlu sombong dan terlalu percaya diri. Bisa jadi kejatuhanmu. "Tapi ikan itu tidak pernah mendengarkannya." Ada buaya itu, menasihati kita lagi, "kata mereka.

Suatu siang, buaya itu beristirahat di samping sebuah batu di dekat kolam, saat dua nelayan berhenti di sana untuk minum air.

Para nelayan melihat bahwa kolam tersebut memiliki banyak ikan. "Melihat! Kolam ini penuh dengan ikan. Ayo ke sini besok dengan jaring ikan kita, "kata salah satu dari mereka." Saya heran kita belum pernah melihat tempat ini sebelumnya! " seru yang lain.

Buaya mendengar semua ini. Saat nelayan pergi, perlahan ia masuk ke kolam dan langsung menuju ikan. "Kalian semua sebaiknya meninggalkan kolam ini sebelum fajar. Pagi harinya kedua nelayan tersebut akan datang ke kolam ini dengan jaringnya, "kata si buaya.

Tapi ikan itu hanya tertawa dan berkata, "Sudah banyak nelayan yang mencoba menangkap kita. Keduanya juga tidak akan menangkap kita. Jangan khawatir dengan kita, Bu Buaya, "kata mereka dengan suara mengejek.

Keesokan paginya, para nelayan datang dan melemparkan jaring mereka ke kolam. Jaringnya besar dan kuat. Segera semua ikan itu tertangkap. "Kalau saja kita sudah mendengarkan Bu Buaya. Dia hanya ingin membantu. Untuk kesombongan kita kita harus membayar dengan nyawa kita, "kata ikan itu.
Para nelayan membawa ikan bodoh itu ke pasar dan menjualnya demi keuntungan yang baik.

Pelajari Juga :Pengertian Cerpen dan Contohnya

2 Wangi

Di sebuah kota kecil tinggal seorang pedagang kaya. Dia sangat baik dan amal. Dia punya anak laki-laki, yang sayangnya jatuh ke perusahaan yang buruk. Sering kali saudagar tersebut menasehati anaknya untuk tidak pergi dengan perusahaan yang buruk itu. Tapi semuanya sia-sia. "Tolong, jangan beritahu saya apa yang harus dilakukan, ayahku. Saya tahu apa yang baik untuk saya dan saya tahu apa yang harus dilakukan, "kata anak itu.

Suatu hari, seorang santo agung datang ke kota. Pedagang itu menemui orang suci itu, mencari berkahnya dan berkata, "Anakku yang manja adalah satu-satunya penyebab kekhawatiranku. Tolong bantu aku."

Setelah beberapa menit merenung, orang suci itu menjawab, "Kirimkan anakmu ke Ashram besok pagi. Saya akan berbicara dengannya."

Keesokan paginya, pedagang itu mengirim anaknya ke Ashram orang suci. Di sana orang suci meminta anak untuk memetik bunga mawar dari taman Ashram. Anak itu seperti yang diminta oleh orang suci. Kemudian orang suci itu bertanya pada anak laki-laki itu, "Bau dan rasakan keharumannya, anakku." Anak laki-laki itu melakukannya. Kemudian santo menunjukkan kepada anak itu sebuah karung gandum berkata, "Jaga mawar di dekat karung itu." Anak laki-laki itu mengikuti instruksinya.

Setelah satu jam, orang suci itu meminta anak itu mencium mawar itu lagi. "Bagaimana baunya sekarang?" Tanya orang suci itu kepada anak laki-laki itu. Bocah itu mencium mawar itu dan berkata, "Baunya sama bagusnya dengan sebelumnya." Kemudian orang suci itu berkata, "Hmm! Sekarang simpan mawar di dekat karung karangan bunga ini. "Anak laki-laki itu melakukannya.

Setelah satu jam, orang suci itu meminta anak itu mencium mawar itu lagi. "Apakah ada bau wangi?" Tanya orang suci itu kepada anak laki-laki itu. "Tidak, baunya segar seperti sebelumnya," jawab anak itu.

Kemudian orang suci itu berkata, "Wah, Anda harus seperti mawar ini, memberi keharuman itu untuk semua orang tapi pada saat yang sama tidak membiarkan bau busuk menggosok Anda dari siapa pun. Kualitas baik Anda adalah kekuatan Anda. Anda seharusnya tidak kehilangan mereka dalam perusahaan yang buruk. "

Anak laki-laki itu mengerti kata-kata dan kebijaksanaan orang suci. "Saya bersyukur kepada Anda, O Saint, karena membuka mata saya," kata anak pedagang itu.
Sejak hari itu dan seterusnya, dia jujur ​​dan bermurah hati seperti ayahnya yang berbudaya.


3 Telur emas

Haria, seorang tukang cukur miskin tinggal sendirian di gubuk kecilnya. Dia berdedikasi pada pekerjaannya. Dan apapun yang dia dapatkan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Suatu malam, setelah kembali dari pekerjaan, Haria merasa lapar. "Apa yang harus saya masak malam ini?" Pikirnya, saat itu dia mendengar seekor ayam berkotek di luar gubuknya. "Ayam betina itu akan menjadi pesta besar bagi saya," pikir Haria dan bersiap untuk menangkap ayam itu.

Dengan sedikit usaha ia bisa menangkap ayam betina. Saat dia hendak membunuh ayam itu, itu mencicit, "Tolong jangan bunuh aku, wahai orang baik! Saya akan membantumu. "Haria berhenti, meskipun dia terkejut bahwa ayam betina itu berbicara, dia bertanya," Bagaimana Anda bisa membantu saya? "

"Jika Anda mengampuni hidup saya, saya akan menaruh telur emas setiap hari untuk Anda," kata ayam betina itu, mata Haria melebar senang, Haria terkejut mendengar janjinya ini. "Telur emas! Itu juga setiap hari! Percayalah, Anda mungkin berbohong, "kata Haria. "Jika saya tidak meletakkan telur emas besok, Anda bisa membunuhku," kata ayam betina itu. Setelah janji ini, Haria menyelamatkan ayam itu dan menunggu keesokan harinya.

Keesokan paginya, Haria menemukan sebuah telur emas tergeletak di luar gubuknya dan ayam betina duduk di sampingnya. "Itu benar! Anda benar-benar bisa menaruh telur emas! "Seru Haria dengan sangat senang. Dia tidak mengungkapkan kejadian ini kepada siapa pun, karena takut orang lain akan menangkap ayam betina itu.

Sejak hari itu dan seterusnya, ayam betina itu akan meletakkan telur emas setiap hari. Sebagai gantinya, Haria merawat ayam betina dengan baik. Segera, Haria menjadi kaya.
Tapi dia menjadi serakah. Dia berpikir, "Jika saya memotong perut ayam, saya bisa mengeluarkan semua telur emas sekaligus. Saya tidak perlu menunggu ayam itu meletakkan telur emas satu per satu. "

Malam itu, ia membawa ayam itu ke bagian dalam rumahnya dan membunuh ayam itu. Tapi karena cemas, dia tidak menemukan telur emas. Bahkan tidak satu pun.

"Apa yang telah saya lakukan? Keserakahan saya telah membuat saya membunuh ayam betina, "ratapannya, tapi sudah terlambat.


4 Teman kecil

Itu adalah hari yang buruk bagi Tuan Lion King kami. Selama mengejar untuk menangkap seekor kelinci ia melompat ke semak kecil dari tempat ia keluar bukan dengan kelinci tapi dengan duri besar di telapak tangannya.

Dia berteriak minta tolong. Dia mencoba yang terbaik untuk mengeluarkan duri itu. Dia menjabat tangannya, mencoba mengeluarkan duri dengan mulutnya dan sebagainya. Namun, semua usahanya sia-sia belaka. Duri mulai tersenyum pada Mr. Lion.

Lalu dia meminta bantuan binatang lain. Tapi mereka semua takut pada singa itu. Jadi tidak ada hewan yang datang untuk membantunya.

Akhirnya singa itu mendekati si rubah yang cerdik. Sang raja bertanya, "Dapatkah Anda mencabut duri itu? Saya sangat menderita Dengan rasa sakit ini. "

Si rubah berkata, "Saya tidak terlalu ahli dalam tugas ini. Tapi saya punya teman kecil yang sangat ahli dalam pekerjaan ini. Saya pasti akan memintanya untuk membantu Anda. Tapi aku punya beberapa tuntutan. "

"Apa tuntutanmu?" Tanya raja.

"Bukan hanya makanan atau uang Yang Mulia! Anda harus mengizinkan saya memberi Anda lima tendangan di punggung Anda! "Kata si rubah.

Raja singa bertanya dengan heran dan marah "Apakah kamu ingin menendang saya? Tidakkah kamu tahu siapa aku? "

"Aku tahu! Aku tahu! Tapi bukan kebutuhan saya untuk mengeluarkan duri dari telapak tangan Anda. Jika Anda tidak ingin saya pergi. Selamat tinggal "kata si rubah.

"Hei! Tunggu! Tunggu! "Kata singa itu dan dia mulai berpikir sejenak" Saya menderita dengan rasa sakit pada duri itu, harus ditarik keluar, biarkan dia menendang saya lima kali, saya hanya ingin melepaskan duri. Duri aku akan memakan teman kecilnya. "

Rubah itu kemudian mulai menendang Lion King dengan seizinnya. Satu, dua, tiga ... seperti itu. Rubah itu memanggil teman kecilnya.

Ada landak kecil. Dia mengeluarkan duri dengan sangat mudah. Rasa sakit di telapak singa berkurang. Tapi pikirannya menjadi penuh dengan kemarahan, kesedihan dan kekecewaan. Apa yang harus dikatakan! Dia sangat kecewa saat memikirkan bagaimana dia bisa membalas dendam atas lima tendangan yang dia dapatkan dari rubah tersebut. Bagaimana dia bisa makan landak dengan ribuan duri? Akhirnya dia harus sujud sebelum mengetahui rahasia si rubah yang cerdik itu.


5 Memori Misterius

Meskipun ini adalah salah satu kenangan pudar dalam hidupku hari ini, ada kalanya aku mengingat wajahnya dengan jelas, terutama matanya. Karena dia memiliki bintik-bintik kuning di matanya, kami memanggilnya dengan jerawatan. Dia pasti anjing yang tersesat, sampai dia datang kepadaku.

Saya berumur tujuh tahun. Ayahku baru saja dipindahkan ke Nasik. Kami telah bergeser menjadi rumah kontrakan. Rumah itu dikelilingi oleh banyak semak-semak dan tanaman merambat. Hujan turun sangat deras pada hari kami bergeser.

Saya keluar dan merasakan tetesan air hujan yang menyegarkan dengan angin sejuk di wajah saya. Saat itu malam yang gelap dan dingin. Kami makan dan pergi tidur.

Entah bagaimana di tengah malam aku mendengar bunyi gedebuk keras di luar pintu utama. Aku mengumpulkan keberanian dan mengintip dari balik jendela yang berdampingan dengan pintu dan aku sangat terhibur dengan apa yang kulihat di luar.

Ada seekor anak anjing kecil tergeletak di atas permadani tua yang telah diletakkan ibuku di luar pintu. Itu basah dan menggigil. Awalnya sulit melihat si kecil. Benda itu memiliki tubuh hitam yang lebih gelap bahkan dari awan hujan hitam. Itu adalah bintik kuning di matanya, yang membuatku menyadari kehadirannya.

Ia mencoba masuk ke dalam karpet yang melengkung untuk menghindari udara dingin di luar dan itu berhasil masuk karena saya hanya bisa melihat kepalanya di luar karpet.

Kulihat pot bunga yang ditaruh di ambang jendela sudah terjatuh. Saya merasa kasihan pada jiwa yang malang. Aku masuk dan keluar dengan handuk tua. Aku mendekati yang tak berdosa dan memegangnya di tanganku dan menyeka anak anjing itu sampai dia menjadi kering. Aku mengambilnya dan membuat tempat tidur untuknya dengan karpet wol dan bantal kecil. Dia tampak sangat nyaman di ranjang barunya saat dia langsung tertidur.

Keesokan harinya pagi, semua orang di keluarga mengetahui tentang tamu yang tidak biasa. "Haruskah kita menemaninya bersama kita?" Saya menanyai ibu saya.

Seperti orang tua lainnya, orang tua saya benar-benar menolak gagasan saya tapi saya dan saudara perempuan saya meyakinkan mereka untuk menjaga Spotty.

Perlahan-lahan Spotty mudah bercampur dengan semua orang dan menjadi salah satu anggota keluarga. Kami terbiasa dengan kebiasaan dan prasangka kecilnya.

Hari-hari berlalu dan suatu malam ketika Spotty kembali dari perjalanannya yang panjang, dia tampak sangat lelah. Dia datang ke kamarku dan duduk di dekatku. Saat itulah saya melihat kaki belakangnya terluka dan berdarah. Saya memanggil ibu saya dan dia dengan cepat mengikat perban di sekitar kakinya dan memberinya makanan untuk dimakan.

Saya sangat kecewa. Tapi keesokan harinya, Spotty sampai pada pranks biasa meskipun dia tertatih-tatih sedikit.

Setelah kejadian ini hubungan saya dengan Spotty menjadi lebih intens. Aku sangat mengaguminya karena keberaniannya.

Hampir setahun kemudian, pada tengah malam kami mendengar jeritan Spotty terengah-engah. Kami keluar dan melihat bahwa dia sedang menggonggong terus-menerus menuju suatu tempat.
Setelah beberapa lama Spotty menjadi cukup. Aku menepuk punggungnya dan masuk ke dalam. Keesokan paginya, jantungku berdegup kencang saat aku tidak melihat Spotty. Aku mencarinya di setiap sudut tapi dia tidak ada di mana-mana. Dan kali ini dia sudah pergi dan tidak akan pernah kembali. Aku menangis dan menunggunya. Kami menunggu satu minggu yang panjang. Tapi tidak ada tanda-tanda dia.

Suatu hari ayahku dipindahkan ke Mumbai. Kami kembali ke Mumbai. Apa yang akan terjadi dengan Spotty? Apakah dia akan meninggal? Inilah satu-satunya pertanyaan di benakku, tapi semuanya tetap tak terjawab selamanya.


6 Seorang Ibu Tua dan Lampu yang Sombong

Dahulu kala tinggal seorang wanita tua yang cantik di dusun kecil.

Saat matahari terbenam, wanita tua itu menyalakan lampu.

Lampu itu terasa sangat membanggakan dirinya sendiri bahwa benda itu adalah benda paling terang di alam semesta.

Suatu malam yang berangin dingin, lampu itu tertiup angin. Ini mulai menangis.

Lalu wanita tua itu menyuruh lampu untuk tidak Sombong.

Dia kembali menyalakan lampu. Setelah itu, hal itu cukup rendah hati dan berperilaku baik.


7 Pertemuan Christopher dengan The Aliens

Malam itu gelap dan penuh badai. Seluruh Greentown ditutupi oleh awan gelap. Christopher kembali ke rumah. Ini mulai hujan kucing dan anjing.

Tiba-tiba dia melihat sebuah U.F.O. muncul dari awan di atas. Tidak lama kemudian mendarat di jalan. Tiga alien keluar. Chris tercengang saat bisa mengerti bahasa mereka. Rencana mereka adalah mengambil semua pohon dari bumi. Tidak membuang-buang waktu, Chris memanggil teman-temannya. Orang-orang asing itu menunjuk ke sebuah pohon. Cahaya biru yang mengerikan keluar dari tangan mereka sehingga membuat pohon lenyap. Segera, teman Chris datang. Mereka mencoba menakut-nakuti orang asing itu dengan melempar batu, tapi sia-sia.

Untung Pak Goon, inspektur gemuk di daerah itu tiba. Dengan ekspresi takut di wajahnya, dia menembak orang-orang asing itu. Salah satu dari mereka mengarahkan jarinya pada Mr. Goon. Yang membuat semua orang takjub, Mr. Goon menjadi setipis tongkat. Semua orang tertawa. Tiba-tiba, Anna, teman Chris, berlari ke arah mereka, meneriaki bagian atas suaranya yang melengking. Orang-orang asing itu ketakutan seumur hidup dan lenyap seiring dengan pesawat ruang angkasa mereka. Anak-anak senang sekali. Mereka telah menyelamatkan planet mereka. Pak Goon dibiarkan bermain-main dengan celananya.


8 Menghitung Berkat, Bukan Kekurangan

Seorang anak laki-laki menangis meminta untuk dibelikan sepatu baru yang mahal.
Ayahnya adalah seorang pekerja di sebuah pabrik dan dia memiliki gaji yang sedikit. Dia membeli sepatu murah tapi anak laki-laki itu kecewa.

Dia sering menangis dan meninggalkan rumah. Dia duduk di dekat halte bus.

Dia bertanya-tanya kapan dia akan mendapatkan pasangan yang mahal itu. Saat itu seorang pengemis melintas di atas tongkat ketiaknya. Anak laki-laki itu terkejut saat mendapati bahwa pengemis itu tidak punya kaki. Dia tercerahkan. Setidaknya dia punya kaki. Dia mengucapkan terima kasih tuhan karena telah memberinya kaki dan ibu dan ayah yang sangat peduli.


9 barfis Manis yang Hilang

Suatu hari yang indah Diva membangunkan ibunya dan berkata, "Ibu itu sudah lama sekali sejak kamu membuat barbie kelapa favoritku - tolong buat hari ini!"

Ibu sedang dalam suasana hati yang baik dan karenanya dia tersenyum dan berkata, "Baiklah, saya akan menyimpannya untuk Anda pada saat Anda kembali dari sekolah."

Diva bersekolah dengan senyum lebar di wajahnya dan menghabiskan sepanjang hari untuk memimpikan barfis kelapa yang lezat.

Sementara siang itu, kakak laki-lakinya, Dani pulang dengan teman-temannya. Ibu telah pergi ke pasar dan dia menemukan sepiring penuh barfis yang baru dibuat di atas platform dapur. Dia memutuskan untuk memberi teman-temannya sebuah perawatan dan dalam beberapa menit piringnya kosong!

Saat itulah mumi menelepon dan menyuruh Dhruv memberi Diva sebuah barfi saat dia kembali dari sekolah. Dani malang bagaimana dia tahu barfis itu dibuat khusus untuk Diva? Gagasan nakal menyerangnya dan dia meninggalkan kodok kesayangannya di atas piring dan meletakkan tutupnya di atasnya. Dia meninggalkan rumah sambil tertawa kecil.

Diva pulang pada malam hari, dengan penuh semangat masuk ke dapur dan membuka piringnya. Sepasang mata berkaca-kaca padanya. Diva empat tahun kaget. Dia pergi ke ibunya dan bertanya "Mummy, apakah barfis punya mata?"

"Tentu saja tidak," kata mumi "Pergilah dan makan barbie!" Kali ini saat dia pergi dan melepaskan tutupnya, seekor kodok melompat ke arahnya! Gadis kecil yang malang itu langsung ketakutan dan langsung menangis kepada ibunya. Dia memberi tahu ibunya tentang katak yang menghiburnya dan menunggu Dani kembali malam itu. Ketika dia datang dia membawanya ke tugas dan membuatnya meminta maaf kepada Diva. Keesokan harinya mumi membuat beberapa barfis kelapa lagi dan kali ini sedikit Diva lebih dari yang harus dia isi !!


10 Sekolah Misterius

Itu adalah hari pertamanya di Cedars International School. Sheila berada di kelas 2. Dia merindukan sekolah lamanya dan yakin dia akan membenci tempat baru ini.

Saat istirahat makan siang, Junie dan Pam, dua gadis dari kelasnya mengenalkan dirinya padanya. Mereka membawanya ke pohon yang berdiri di sudut taman bermain.

"Maukah Anda datang ke Hole of Mysteries bersama kami?" Tanya Pam padanya.

"Lubang Misteri! Dimana itu? "Sheila bertanya tercengang.

Di dekat pohon itu ada sebuah lubang, ditutupi jerami dan batang kayu. "Inilah Lubang Misteri," kata Junie.

"Ayo, ayo kita masuk ke dalam lubang," kata Pam.

Sambil memegang tangan masing-masing, Pam, Sheila dan Junie melompat masuk. Lubang menjadi lebih gelap saat mereka masuk lebih dalam dan dalam.

Lalu tiba-tiba menjadi cerah. Cahaya lilin ada dimana-mana. Sheila ketakutan. Melihatnya, Pam tertawa. Junie menunjuk seekor kelinci yang menyalakan lilin.

"Itu Binkie si kelinci," kata Pam. "Dia merencanakan semua petualangan kita."
"Hai Binkie!" Kata Junie, "ini Sheila, teman baru kita, apakah Anda memiliki petualangan misterius untuk kita hari ini di sekolah misterius?"

Binkie tersenyum dan berkata, "Hai Sheila, selamat datang di Hole of Mysteries. Maaf cewek, aku hanya punya petualangan kecil untukmu. Itu tidak mudah, ingatlah. Anda harus sangat waspada seperti hubungannya dengan suara. Sadarilah siapa yang bisa bicara. Sekarang ikuti aku. Anda harus menemukan jalan keluar. "Binkie pergi ke depan.

Gadis-gadis mengikutinya. Mereka datang ke sebuah ruangan kecil. Binkie telah lenyap. Begitu mereka masuk, pintu terkunci secara otomatis. Ada tiga binatang di ruangan itu: seekor kucing, seekor anjing dan seekor ikan (di dalam mangkuk). Mereka bisa mendengar dengusan kasar dari luar.
"Kurasa ada monster di dekatnya," kata Sheila, ketakutan.

"Kita harus mengambil bantuan hewan-hewan ini untuk keluar!" Bisik Junie.
"Kalau tidak kita harus tinggal di sini selamanya," kata Pam.

"Bagaimana kita bisa menemukan jalan keluar?" Tanya Sheila, merasa sangat gugup.
"Mari kita berpikir keras!" Kata Junie.

"Saya rasa saya tahu!" Kata Pam. "Ingat Binkie menyuruh kami untuk menyadari 'dia yang bisa berbicara'. Saya pikir salah satu dari hewan ini bisa berbicara."

"Tapi yang mana?" Tanya Sheila.

"Ayo cari tahu," kata Junie.

"Apakah Anda memperhatikan apa yang sedang dilakukan binatang saat kita sampai di sini? Kucing itu menggelengkan kepalanya dan menggaruk sendiri. Ikan itu melambaikan ekornya dan anjingnya berdebar kencang. Saya merasa pasti anjing atau ikan itu. Mari cari tahu. "

Pam mendatangi ikan itu dan berkata, "Bisakah Anda membantu kami?" Ikan itu sepertinya tidak pernah mendengarnya dan terus melambaikan ekornya ke dalam air.

Lalu Sheila mendekati anjing itu dan berkata, "Siapa namamu?"
"Spike," jawab anjing itu. "Jika Anda mencari jalan keluarnya, saya bisa membantu Anda."
"Bisakah Anda benar-benar berbicara?" Tanya gadis-gadis itu kepada si anjing.

"Ya, saya bisa," kata si anjing. "Sekarang tekan keras ke pintu dan nyanyikan 'Ashanti' tiga kali, saat pintu terbuka berlari kencang sampai Anda mencapai puncak, jangan melihat ke belakang lagi!"
Ketiganya berterima kasih pada anjing itu dan begitu mereka meneriakkan 'Ashanti' tiga kali, pintunya terbuka.

Tapi, suara mendengus terdengar semakin kencang, menakutkan gadis-gadis itu.
Mereka berlari menyusuri jalan setapak yang gelap, berhenti hanya saat mereka mengulurkan tangan, di awal terowongan.

"Hei, kita berhasil!" Teriak Pam dengan gembira saat mereka menemukan diri mereka berada di taman bermain misterius.

"Tapi bagaimana dengan binatang?" Tanya Sheila.
"Mereka ada di sana, mungkin Binkie merencanakan petualangan kita selanjutnya!"
"Wow!" Kata Sheila. "Kurasa aku akan bersenang-senang di Cedars!"

Bel berbunyi saat itu dan trio itu kembali ke kelas mereka di sekolah misterius itu.


Demikian lah 10 contoh cerpen dari cari materi semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Pelajari Juga :
18 Tari Tradisional Indonesia (Gambar dan Asal Daerah)
 Alat Musik Tradisional Indonesia
Langkah-langkah Mudah Menyusun Teks Eksposisi

CARA MUDAH MEMBUAT SEBUAH RINGKASAN





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Contoh Cerpen "

Post a Comment

close